Wisata Pemancingan Embung adalah destinasi wisata baru di Desa Semawung, di Dusun Krajan dengan pemandangan Perbukitan Menoreh dan hamparan sawah Semawung adalah Desa Wisata dengan kearifan budaya lokal Jembatan Gantung Karang Jati- Jatisalam, adalah sarana yang sedang dalam proses pembangunan, sejak akhir Desember 2020. Semoga dapat mempermudah transportasi sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menyambung silaturahmi antar warga Semawung Kec. Purworejo - Popongan Kec. Banyuurip.

Artikel

SEJARAH DESA SEMAWUNG

23 Juni 2021 02:04:46  Administrator  1.025 Kali Dibaca  Berita Desa

Sekitar 1334 M, Tanah Jawa menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Besar Majapahit yaitu Prabu Hayam Wuruk. Sementara, tanah wilayah Bagelen merupakan bekas kekuasaan Dyah Balitung Watukura Raja Mataram Hindu. Daerah ini merupakan tanah Perdikan yang tidak ramai didiami penduduk sejak pusat kerajaan berpindah ke Jawa Timur. Wilayah ini adalah wilayah strategis, karena dilintasi Sungai Bogowonto yang dapat dilayari hingga tepian-tepian anak sungai Bogowonto; Sungai Gesing dan Sungai Mongo, sehingga menjadi jalur transportasi dan perdagangan. Namun kemudian Kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan akibat serbuan dari Kerajaan Demak "sirna ilang kretaning bumi", Candra Sengkala ini dibaca 0041, yaitu Tahun 1400 Saka atau 1478 Masehi.

Di tahun yang sama yaitu 1478 Masehi, seorang Pangeran keturunan Raja Majapahit; anak  Prabu Brawijaya V bernama Raden Joko Dubruk/ Raden Semawung/ Pangeran Tatung Malara datang melalui Bagelen (menelusuri Sungai Bogowonto) ke arah hilir mendarat di tanah tepian Sungai Bogowonto yang keseluruhan wilayahnya dikelilingi anakan sungai, yaitu Sungai Mongo dan Sungai Gesing. Perjalanan ini dalam rangka pelarian dari pengejaran tentara Demak Bintoro, dan diperkirakan mendarat di Tegal Dhuwur (hulu Sungai Gesing, selatan Desa Semawung).

Joko Dubruk atau Raden Semawung merupakan salah satu Putra Prabu Brawijaya V. Sering disebut juga Jaka Warih , karena beliau  keturunan Raja ( warih artinya air, atau suatu keturunan, genetik mulia, memiliki warih Ratu yang artinya keturunan Raja) secara melegenda  beliau disebut JOKO SEMAWUNG. 

Mendaratnya Raden Semawung kala itu adalah masih belia, karena suatu tekanan pergantian politik kekuasaan, pasca runtuhnya Majapahit. Pada saat itu beliau didampingi para wiku, punggawa pengikut; yang menurut cerita yang berkembang di masyarakat diantaranya :

  1.  Kyai Tirtoyoso ; tempat orang belajar ilmu (pendeta makam di tepi Sungai Gesing). Tirto = air/ ilmu,   sedangkan Yoso = penyedia/ tempat
  2.  Kyai Onggo Hapsoro ( menetap di Onggosaran, Cengkawak Rejo)
  3.  Dipo Dongso
  4.  Onggo Anem

Raden Semawung  kemudian membuka peradaban baru dengan membuka wilayah hutan (alas) untuk wilayah padukuhan dengan batas-batas perairan dan lembah Sungai Gesing untuk lahan sawah. Beliau dibantu oleh penduduk dari Bukit Menoreh; yang kalah perang dengan Wangsa Syailendra. Dan sekitar tahun 1500-an Masehi, nama Semawung dikenal sebagai Desa yang disegani, yang dibangun oleh Pangeran dari Prabu Brawijaya V.

Desa hasil bukaan hutan tersebut mendapat penataan wilayah batas perairan sistem kerajaan :

  1.  Wilayah Krajan
  2.  Wilayah Kemantrian (Kemantren)
  3.  Wilayah Kenyaen (Putren-Nyai)
  4.  Wilayah Sucen (Pasucen)
  5.  Wilayah Kembaran (Kemboro an, boro-pendatang)
  6.  (Wilayah Jatisalam belum ada)

Di Jatisalam Semawung terdapat Masjid Tiban, yang merupakan ciri khas dimana Sunan Geseng melakukan perjalanannya untuk berdakwah.

Sumber: https://klangsir.blogspot.com

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Desa

Sinergi Program

Pemkab Purworejo

   

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Semawung, Dusun Krajan RT.001RW.01
Desa : Semawung
Kecamatan : Purworejo
Kabupaten : Purworejo
Kodepos : 54119
Telepon : 0
Email : semawung.purworejo@purworejokab.go.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:187
    Kemarin:211
    Total Pengunjung:27.748
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.233.217.106
    Browser:Tidak ditemukan